Tusuk Dasar Merajut (Knitting)

Kali ini aku bakal ngebahas tusuk dasar dalam merajut. Ada 2 tusuk dasar dalam merajut yaitu tusuk atas (purl stitch) dan tusuk bawah (knit stitch)
1. Purl Stich (tusuk atas/ tusuk belakang/ tusuk sungsang)
Untuk cara membuat tusuk atas, caranya bisa dilihat di sini . Berikut ini adalah gambaran bagaimana membuat tusuk atas
2. Knit Stitch (tusuk bawah/ tusuk depan/ tusuk lurus)
Untuk  cara membuat tusuk bawah, caranya bisa dilihat di sini . Berikut gambaran cara membuat tusuk bawah
Kali ini aku bakal ngeshare pengalaman aku waktu merajut. Awalnya aku taunya cuma tusuk knit doang. Jadi setelah membuat satu baris rajutan dengan knit stitch, aku masih membuat baris rajutan berikutnya dengan teknik knit stitch juga. Ternyata itu salah, kita harus menggunakan teknik knit stitch dan purl stitch secara bergantian. Karena kalo kita cuma make satu teknik aja, maka yang terjadi adalah hasil rajutan kita akan berbentuk purl dan knit berselang seling. Awalnya aku heran, dimana ya kesalahanku. Kenapa hasil rajutanku berselang-seling antara purl dan knit. Padahal aku pengennya rajutanku itu utuh bolak balik berbentuk purl dan knit. Paham gak maksudku?  Jadi rajutan yang normal itu bentuknya kalo penampakan didepan berbentuk purl stitch, maka penampakan di belakangnya pasti berbentuk knit stitch begitu juga sebaliknya. Nah itu gak terjadi pada hasil rajutanku. Aku penasarankan, jadi deh kemaren aku cari caranya di internet. Dapet deh teknik purl stitch dan malemnya aku cobain. Dan ternyata berhasil:mrgreen:
Ni ilustrasi hasil rajutan
Jadi intinya, knit stitch dan purl stich itu menghasilkan bentuk yang sama. Knit adalah purl yang dibalik, dan purl adalah knit yang dibalik.

0 Response to "Tusuk Dasar Merajut (Knitting)"